Terbaik Se-Indonesia, Kemenpan RB Nilai Acara Penghargaan SAKIP Jatim Patut Dicontoh

04 December 2015 | Berita & Pengumuman
Terbaik Se-Indonesia, Kemenpan RB Nilai Acara Penghargaan SAKIP Jatim Patut Dicontoh

Jatim Newsroom -Kementerian Reformasi dan Birokrasi melalui Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan PAN-RB, Muhammad Yusuf Ateh menyatakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dilaksanakan Provinsi Jawa Timur terbaik se-Indonesia. Untuk itu, acara penghargaan SAKIP yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya patut dicontoh oleh provinsi lainnya.

“Bapak Gubernur patut berbangga, saya harus terus terang bahwa di pusat belum bisa seperti ini prestasinya. Yang mendapat nilai A di republik ini hanya dua di tingkat Provinsi, yakni Jawa Timur dan Yogyakarta. Sementara di tingkat pusat baru ada 7 Kementerian,” katanya saat menghadiri acara Penghargaan SAKIP di lingkungan SKPD Jatim, di gedung Negara Grahadi, Kamis (3/12).

Ateh menuturkan penghargaan SAKIP pada setiap SKPD akan memicu persaingan positif untuk meningkatkan kinerja masing-masing. Esensinya bukan terletak pada nilai, piala atau sertifikat melainkan semakin mendorong pimpinan untuk berkoordinasi lebih itensif dengan bawahannya untuk memperbaiki SAKIP.

Nilai A Jatim yang berarti memuaskan, Ateh menjelaskan merupakan nilai terbaik hanya bisa dicapai apabila pemerintahan berjalan dengan perencanaan dan pelaksanaan program kerja yang efektif dan akuntabel. Ia juga mengapresiasi capaian Jatim, karena menurutnya melaksanakan SAKIP di Pemerintah Provinsi jauh lebih sulit dibanding melakukannya di Kementerian. “Harus ada kerjasama antara perencanaan, keuangan dan organisasi,” terangnya.

Salah satu yang patut diteladani, menurutnya adalah pemanfaatan dokumen yang setiap tiga bulan dilakukan penilaian, monitoring hingga evaluasi untuk mengukur indikator kesuksesan perencanaan yang telah dibuat. Jatim  berbasis kinerja ke birokrasi dinamis dan telah berhasil melaksanakan birokrasi dengan ide dan kreativitas untuk meningkatkan capaian hasil pembangunan.

Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo mengatakan mendukung langkah Kemenpan RB untuk meningkatkan pencapaian Indeks Kinerja Utama Reformasi Birokrasi. SAKIP yang dilaksanakan Jatim menekankan proses bukan output, namun pola partisipatoris menjadi landasan dasar pelaksanaan kinerja birokrasi.

Sejak dimulainya era reformasi, diungkapkannya aparatur negara telah berkomitmen untuk memperbaiki kinerjanya dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Berbagai upaya dan kemajuan yang telah dilakukan dan dicapai perlu diinformasikan kepada masyarakat. ”Sekarang tidak boleh ada lagi jarak dengan rakyat, mereka harus kita layani sebaik-baiknya,”tutur Pakde.

Hasil evaluasi akuntabilitas kinerja (SAKIP) SKPD, Gelar Budaya Kerja dan Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur, diantaranya nilai A didapatkan sebanyak 25 SKPD, sebanyak 23 SKPD memperoleh nilai BB, sementara untuk nilai B diperoleh sebanyak 9 SKPD dan terdapat 12 satuan/ unit kerja pelayanan publik penerima penghargaan.

Pemenang gelar budaya kerja bidang jasa non-medis, juara 1 Cemerlang, UPTD Puskesmas Tludan, Dinkes Kab. Tulungagung, juara 2 Sirup, RSUD Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, juara 3 insan cendekia, Dinas Pendidikan  Kabupaten Blitar, juara harapan 1 Mekgilan Ma, Dinas Koperasi, Perindag Kabupaten Lamongan, juara harapan 2 HANDAL, SMP Negeri 2 Sedati, Kabupaten Sidoarjo dan Juara Kreativitas Harapan Kita Dinas Perindag Pertambangan dan Energi Kota Kediri.

Pemenang gelar budaya kerja bidang jasa medis juara 1 mems, RSU Jiwa Menur Surabaya, juara 2 Lentera, Rumah Sakit Kusta Kediri, UPT Dinas Kesehatan Jatim. Juara 3    Bohay, RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan. Juara Harapan 1 Garuda, RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Juara harapan 2 Seger Waras, Puskesmas Trawas, Kabupaten Mojokerto. Juara Kreativitas Aster, RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Pemenang gelar budaya kerja bidang administrasi, Juara 1 Procot, RSUD Blambangan, Kabupaten Banyuwangi. Juara 2 Flash Imaging, RSU Haji Surabaya. Juara 3 Sembada, SMK Negeri 1 Bendo, Kabupaten Magetan. Juara harapan 1 fiks, RSUD Bangil,  Kabupaten Pasuruan. Juara harapan 2 Sehati, Instalasi Gizi RSU dr. Saiful Anwar Malang. Juara kreativitas Adrreng Parekas, SMPNegeri 1 Sumenep, Kabupaten Sumenep.(luk)

 

JIPP JATIM
GPR
LPSE
TRANSPARANSI
BPS Jatim
Web Statistic