SEMAKIN SEHAT, ANGKA HARAPAN HIDUP MASYARAKAT JATIM TERUS MENINGKAT

02 October 2015 | Berita & Pengumuman
SEMAKIN SEHAT, ANGKA HARAPAN HIDUP MASYARAKAT JATIM TERUS MENINGKAT

Jatim Newsroom- Angka Harapan Hidup (AHH) masyarakat Jatim kini terus meningkat setiap tahunnya. Sejak tahun 2009, AHH penduduk Jawa Timur mengalami peningkatan dari 69,15 tahun menjadi 70,19 tahun pada 2013, dan menjadi 71 tahun pada tahun 2014. Ini menjadi bukti, bahwa masyarakat Jatim semakin sehat.

“Jika dulu, AHH masyarakat Jatim 65 tahun, kini sudah meningkat menjadi 71 tahun. Jadi masyarakat Jatim semakin sehat, semakin panjang usia harapan hidupnya,” kata Wagub Jatim, H Saifullah Yusuf pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2015 Provinsi Jatim di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Jumat (2/10).

Gus Ipul mengatakan, peningkatan angka harapan hidup tersebut tercermin dari semakin banyaknya penduduk yang tergolong lanjut usia atau dikenal dengan lansia. Penduduk lansia di Jawa Timur pada tahun 2014 telah mencapai 10,96 persen yang menandakan bahwa struktur penduduk Jawa Timur tergolong penduduk tua. Berdasarkan data, jumlah lansia di Jatim mencapai 4,2 juta jiwa.

“Penduduk lansia mempunyai karakter sosial ekonomi yang berbeda dibanding dengan penduduk muda, sehingga membutuhkan perhatian khusus bagi para pengambil kebijakan agar arah pembangunan dapat bermanfaat maksimal bagi penduduk lansia,” ujar Gus Ipul melalui siaran pers Humas Setdaprov.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan AHH meningkat, maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga terus meningkat. Kebijakan dan regulasi dari pemerintah juga harus berpihak pada lansia. “Semakin tinggi AHH di suatu wilayah mengindikasikan pembangunan sosial ekonomi di wilayah tersebut semakin maju. Keberhasilan program kesehatan dan program sosial ekonomi pada umumnya dapat dilihat dari peningkatan angka harapan hidup penduduk di suatu wilayah,” jelasnya.

Gus Ipul menjelaskan, Pemprov Jatim terus berupaya agar masyarakat dengan usia lanjut usia, produktif, masa sekolah mendapatkan tempat untuk ditingkatkan kesejahteraannya. Pemerintah berkewajiban memfasilitasi lansia agar dapat terus sehat dan memperhatikan lansia yang umurnya makin panjang.

Penjabat (Pj) Bupati Gresik, H Akmal Budianto mengatakan, tema Peringatan HLUN Tahun 2015 Prov. Jatim yakni “Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia”.  Peringatan digelar bertujuan mengembangkan nilai-nilai sosial masyarakat untuk meneladani dan menghormati lanjut usia, terwujudnya dan meningkatnya kesadaran akan arti pentingnya makna kehidupan berbangsa dan bernegara, motivasi dan bergeraknya para individu, keluarga, organisasi sosial, masyarakat dan dunia usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia.

Dalam peringatan tersebut, Gus Ipul berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para wredha atau lanjut usia berprestasi, pemenang lomba senam lansia, bingkisan kepada 200 lansia, serta dua orang lansia berusia di atas 100 tahun. (put)

Web Statistic