Sarang Burung Walet Berpotensi Dongkrak Ekonomi Jatim

11 June 2021 | Berita & Pengumuman
Sarang Burung Walet Berpotensi Dongkrak Ekonomi Jatim

Jatim Newsroom - Produk olahan sarang burung wallet asal Jawa Timur, memiliki potensi yang luar biasa. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat mengunjungi pabrik olahan sarang wallet di Bojonegoro, Minggu (6/6/2021).

“Jawa Timur ini, kalau untuk manufaktur procesing sarang burung wallet, terbesar barangkali. Oleh karena itu, apa yang menjadi penguat dari seluruh proses pertumbuhan ekonomi, kalau bisa ini diluaskan lagi, apakah skala produksinya atau marketnya,” katanya.

Gubernur yang juga pernah menjabat sebagai menteri sosial ini menandaskan bahwa tidak hanya potensi dari segi ekonomi, tetapi juga mampu mengurangi pengangguran, mengingat untuk proses pembersihan bahan baku wallet, diperlukan tenaga kerja yang tidak sedikit, alias dikerjakan melalui padat karya. Maka diperlukan perluasan  produksi dan pasar burung sarang walet mengingat, Jatim merupakan daerah yang memiliki potensi cukup besar.

Sementara itu, owner PT Realfood, salah satu industri pengolahan sarang wallet, Lusiyanto Handoko mengatakan, produk olahan dari sarang wallet ini, memiliki pangsa pasar diberbagai negara Eropa, dan Amerika.

“Untuk end product-nya banyak, di negara negara Amerika, Kanada, Australia, banyak negara negara yang sudah mengerti healthy-lah, kesehatan,” tuturnya.

Kunjungan ke pabrik olahan walet di Bojonegoro oleh gubernur Jawa timur, Khofifah merupakan satu rangkaian  kegiatan pada acara silaturrahmi pondok pesantren peserta program One pesantren One Product  (OPOP) dan peletakan batu pertama pembangunan masjid di pondok pesantren modern Al- Fatimah Sukorejo.(aud/s)

Web Statistic