SAKIP Dapat Nilai A, Diskominfo Tetap Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan

04 December 2015 | Berita & Pengumuman

Jatim Newsroom -Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2015 kepada SKPD di lingkungan Provinsi Jawa Timur telah diberikan Gubernur Jawa Timur H Soekarwo, Kamis (4/12) sore di Gedung Negara Grahadi. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim memperoleh nilai A dan tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas Pelayanan.

Kepala Diskominfo Jatim, Eddy Santoso mengatakan meski mendapatkan nilai A yang berarti memuaskan dan merupakan nilai tertinggi dalam penilaian SAKIP, namun tidak otomatis berpuas diri. Sebagai salah satu SKPD dengan tingkat akuntabilitas dan pelayanan publik terbaik maka sudah selayaknya mempriositaskan inovasi serta pengembangan kelompok budaya kerja menuju reformasi birokrasi.

“Prestasi ini berkat kerja keras seluruh elemen di Kominfo Jatim, mulai dari atasan hingga staf yang telah menunjukkan kinerja yang baik. Ke depan tentu kita terus tingkatkan, mengingat tantangan globalisasi juga semakin kompleks,” terangnya ditemui usai menerima penghargaan SAKIP.

Salah satu penekanan dalam reformasi birokasi, sesuai dengan ditetapkannya UU No 28/1999 tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme serta UU No 25/2009 tentang Pelayanan Publik, maka semakin memperjelas kepada masyarakat akan hak-haknya dalam memperoleh pelayanan yang baik dari penyelenggara negara.

Lebih lanjut, Eddy menjelaskan dalam sebuah SKPD selain pelayanan publik, yang juga harus diperhatikan adalah mekanisme proses perencanaan, sistem penganggaran dan  pelaporan setiap unit kerja. Dengan begitu, akan mudah melakukan evaluasi berkala agar program kerja yang telah disusun dapat terlaksana dengan baik.

Pada penghargaan SAKIP 2015, seperti dilaporkan Sekretaris Daerah Jatim, H Akhmad Sukardi, ada sebanyak 25 SKPD yang mendapatkan nilai A. Diantaranya, RSUD Syaiful Anwar Malang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinaskertransduk, Dinas PU Bina Marga, RSUD dr. Soedono Madiun, Dinas Pertanian, Humas Perhubungan dan LLAJ, RS Haji Surabaya, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan.

Selanjutnya, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, RSJ Menur Surabaya, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kehutanan, Dinas Pendapatan, RSUD dr Soetomo Surabaya, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas PU Pengairan, Dinas Peternakan, Biro Organisasi, Inspektorat, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Pendidikan dan Pelatihan.

Seperti diketahui, penghargaan SAKIP memiliki empat tujuan utama. Pertama, mengukur kemampuan kab/kota maupun SKPD dilingkungan Pemprov Jatim dalam mengembangkan kelompok budaya kerja. Kedua, mengukur kemajuan unit pelayanan publik di Jatim dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ketiga, mengkukur tingkat akuntabilitas kinerja SKPD dilingkungan Pemprov Jatim. Keempat, memberikan motivasi kepada kab/kota serta SKPD dilingkungan Pemprov Jatim agar lebih meningkatkan pengembangan kelompok budaya kerja dan pelayanan publik kepada masyarakat serta penerapkan SAKIP pada tahun yang akan datang menjadi lebih optimal. (luk)

 

JIPP JATIM
GPR
LPSE
TRANSPARANSI
BPS Jatim
Web Statistic