KOMINFO JATIM LAUNCHING PROGRAM MI GILA

24 August 2015 | Berita & Pengumuman

Tanggal: 20-08-2015

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur melaunching program baru yang diberi nama “Mi Gila” (Melek IT Gaul Informasi Luar Biasa). Ini merupakan program talkshow seputar IT (Informasi dan Teknologi) serta ICT (Information and Communication Technology).

migila

Dalam program talkshow Mi Gila, masyarakat juga bisa berinteraksi menanyakan seputar IT secara live melalui line telepon yang sudah disediakan atau hanya sekedar sms.

Pada kesempatan ini juga digelar sosialisasi e-bisnis program 1 juta domain gratis bagi Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM). Sasaran utama program ini adalah para pelaku UMKM yang diharapkan bisa menggunakan IT untuk memperluas pemasaran produknya secara online. Alasannya, karena teknologi informasi merupakan tulang punggung pembangunan bagi seluruh negara. karena itulah Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Kementerian Kominfo Republik Indonesia memberikan satu juta domain gratis untuk pelaku Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Timur.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Mujib Affan, saat launching Program Mi Gila di Dinas Kominfo Jatim, Kamis (20/8) mengatakan, dengan berlakunya MEA, masyarakat di lingkuan ASEAN dapat melakukan perdangan secara bebas dalam bentuk barang atau jasa. Tentu saja dalam menghadapi hal ini, masyarakat Indonesia khususnya Provinsi Jawa Timur wajib mempersiapkan diri. Untuk itu, Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur menyeleksi para pelaku UMKM yang berpotensi untuk mendapatkan domain gratis. Program ini mengajak pelaku UMKM untuk melek IT agar bisa menembus pasar online yang berbasis Internasional.

“Di Jawa Timur, jumlah pelaku UMKM saat ini telah mencapai angka 7 juta. UMKM juga merupakan salah satu tulang punggung perekonomian yang dapat bertahan disegala kondisi,” kata Mujib Affan.

Maka dari itu tidak salah bahwa pemerintah memberikan perhatian lebih kepada pelaku UMKM dengan memberikan pendampingan yang akan menuntun pelaku UMKM melek IT. Media yang saat ini menjadi kekuatan nyata yang mempengaruhi beberapa aspek kehidupan baik ekonomi maupun social

Setelah acara ini selesai, diharapkan pelaku UMKM dapat memaksimalkan penggunaan IT untuk mengembangkan pemasaran dan membuat jejaring secara online, agar bisa mendapatkan investasi lebih serta dapat bersaing dengan masyarakat di lingkungan ASEAN. Tidak hanya pelaku UMKM yang harus paham teknologi, tapi juga seluruh masyarakat.

Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Andi Budimansyah, yang juga sebagai pembicara dalam talkhow “Mi gila” mengatakan, e-commerce, koperasi, dan usaha kecil menengah (UKM) sedang jadi pusat perhatian saat ini. Menurut catatan Kementerian Koperasi dan UKM, tercatat ada lebih dari 56 juta usaha mikro saat ini di Indonesia.

“Penerima domain yang berhubungan dengan e-commerce, koperasi dan UKM ini tentunya diharapkan bisa mendorong agar mereka mulai menyediakan jasanya di Internet yang ujungnya adalah pendayagunaan internet dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Andi.

Tujuan lain yang diharapkan dari program sejuta domain gratis ini antara lain, mendorong tumbuhnya konten positif dalam negeri, mendorong tumbuhnya domain .id, melokalisir akses internet di dalam negeri, mempercepat akses internet, serta agar akses internet lebih murah.(sti)

Web Statistic