Kadisnakertrans Jatim Buka Pelatihan Institusional

11 June 2021 | Berita & Pengumuman
Kadisnakertrans Jatim Buka Pelatihan Institusional

Jatim Newsroom- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim Himawan Estu bagijo membuka Pelatihan Institusional 2021 di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati Malang, Rabu (9/6/2021). 

Himawan Estu Bagijo mengatakan Balai Latihan Kerja (BLK) menjadi salah satu sarana penting bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka memberikan pelatihan untuk peningkatan Skill dari tenaga kerja yang telah di PHK maupun dirumahkan.

Demikian juga bagi pencari kerja (pencaker) umum yang tiap tahun semakin bertambah jumlahnya. Balai Latihan Kerja (BLK) diperlukan sebagai salah satu wadah yang menampung kegiatan pelatihan yang fungsinya untuk memberikan dan mengembangkan keterampilan, produktivitas, disiplin, sikap kerja dan etos kerja yang pelaksanaannya lebih mengutamakan praktek dari pada teori. Salah satunya adalah di UPT-BLK Wonojati- Malang.

Hal ini karena UPT BLK Wonojati-Malang ini termasuk UPT yang berbeda dari UPT yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Karena kekhususan pelatihan yang dimiliki UPT BLK Wonojati-Malang yaitu adanya Kejuruan Pertanian yang meliputi pertanian itu sendiri, Perikanan, Peternakan, Mekanisasi Pertanian, Processing dan Kejuruan non Pertanian yaitu TIK dan Pariwisata yang meliputi Perhotelan dan Barista di mana hampir sebagian pelatihan tidak ada di UPT Lainnya.

Himawan yang juga sebagi dosen di PTS di Surabaya menjelaskan, tahun ini BLK mendapat amanah menyelenggarakan pelatihan bagi  Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di bidang pekerjaan Housekeeper. Menurut amanat UU No. 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, CPMI berhak mendapatkan perlindungan sebelum bekerja yang meliputi perlindungan administratif dan teknis.

Perlindungan administratif meliputi kelengkapan dan keabsahan dokumen penempatan serta penetapan kondisi dan syarat kerja, sedangkan perlindungan teknis salah satunya adalah peningkatan kualitas CPMI melalui pendidikan dan pelatihan. BLK dipercaya mampu membantu meningkatkan skill CPMI untuk bisa bersaing di dunia kerja luar negeri.

Dengan memiliki kompetensi, maka aspek perlindungan PMI juga bisa terwujud karena PMI mempunyai posisi tawar tinggi di pasar kerja internasional. Pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan semakin bersemangat belajar dan harus lulus dengan menyandang Status Peserta Pelatihan yang Kompeten.

"Kenapa harus kompeten karena syarat anda dinyatakan seorang yang memiliki kompetensi pada suatu bidang maka anda harus kompeten terlebih dahulu dengan begitu ada dinyatakan layak sebagai calon pengusaha atau calon pekerja yang berkompetensi, untuk itu belajar yang sungguh-sungguh dan terus kembangkan kemampuan anda," pesan Himawan.

Himawan berharap kepada UPT BLK Wonojati dan UPT BLK yang lain agar menambah skema baru yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha maupun dunia kerja agar kita mampu membantu  calon peserta lainnya yang ingin belajar disini.

Pelatihan institusional 2021 ini meliputi Housekeeper 1 Paket, Operator Budidaya Catfish 2 paket, Pembuat Olahan Hasil Pertanian 2 paket dan Pembudidaya Ayam Pedaging 1 paket (her/n)

Web Statistic