Jatim Provinsi Kaya Ragam Batik

12 May 2017 | Berita & Pengumuman
Jatim Provinsi Kaya Ragam Batik

Jatim Newsroom – Jawa Timur merupakan provinsi yang kaya akan keragaman kerajinan batik. Batik di Jawa Timur ini tumbuh dan berkembang sesuai dengan karakter masyarakat yang terbuka dan apa adanya. Saat ini di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sudah mempunyai seni kerajinan batik yang sesuai dengan ciri khas daerah masing-masing.
    Ini dikatakan Ketua Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur, Putu Sulistiani di sela-sela Pemeran Batik Bordir & Asesoris ke 12 Tahun 2017 di gren City, Surabaya, Kamis (12/5).
    Kerajinan batik merupakan kekayaan dan warisan budaya adiluhung bangsa Indonesia yang mempunyai keragaman motif dan mencerminkan karakter basing-masing daerah di Indonesia.
    Dikatakannya, berbicara masalah kerajinan batik dapat dilihat dari dua sisi, yakni batik yang merupakan ekspresi ikon budaya kebanggaan, dan batik merupakan komoditas yang potensial bagi pengembangan perekonomian masyarakat khususnya di Jawa Timur.
            Di Jatim keragaman batik sangatlah membanggakan. Keberhasilan berkembangnya kerajinan batik tersebut tidak terlepas dari peran pemerintah provinsi Jawa Timur bersama asosiasi perajin batik Jawa Timur (APBJ) yang selalu berusaha membuat program-program untuk kemajuan kerajinan seni batik. Karena itu dengan diselenggarakannya pameran batik bordir & asesoris fair 2017 membuat masyarakat semakin mengerti tentang batik dan semakin mencintai seni kerajinan karya anak bangsa.
            Ketua Perkumpulan pengusaha Bordir Jawa Timur (Persadir), Trusti Dhiani, mengatakan, bergulirnya seni bordir/sulam dalam medan sosial terus bergulir dari waktu ke waktu. Hal ini terkait dengan berbagai tawaran konsumsi khususnya bordir, sulam, sulam kreatif baik untuk fashion maupun buat dekor skala rumah tangga.
     Kondisi ini tidak bisa terlepas dari upaya para pelaku bordir dan sulam yang terus berusaha memajukan seni kerajinan tersebut. Agar seni kerajinan bordir semakin dikenal masyarakat, maka para pengrajin terus memperkenalkan produk-produk terbarunya melalui event-event pameran di berbagai tempat. Antara lain di pameran batik bordir & asesoris Fair 2017 yang berlangsung mulai 10-13 Mei 2017 di Grend City Surabaya.
    Minat masyarakat terus semakin menguat, oleh sebab itu pihak penyelenggara pameran dituntut bisa menyajikan karya-karya yang lebih selektif dan bagus. Persadir dalam pameran ini menampilkan karya-karyanya anak bangsa yang menarik dan tematik sesuai dengan perkembangan jaman dan permintaan pasar.          
    Persadir sebagai wadah perkumpulan pengrajin bordir Jawa Timur sangat antusias menyambut event batik bordir & asesoris fair 2017 di surabaya ini. Melalui event ini Persadir memberikan sumbangsih untuk meningkatkan, memperluas dan merangsang stimulus pemakaian bordir baik di fashion maupun di sklala rumah tangga.  Melalui event ini ke depan diharapkan akan bisa merangsang produsen bordir maupun sulam dan terus berkarya dan berinovasi.  (ryo) 

Web Statistic