Inspeksi Gereja, Gubernur Tegaskan Pentingnya Persatuan Dalam Kebhinekaan

26 December 2018 | Berita & Pengumuman
Inspeksi Gereja, Gubernur Tegaskan Pentingnya Persatuan Dalam Kebhinekaan

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo menegaskan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan memberikan toleransi bagi masyarakat yang tengah merayakan Natal tahun ini.

“Kami menginformasikan secara luas bahwa yang terpenting dan yang menjadi dasar dalam kehidupan yakni menjaga persatuan dan kesatuan dalam pluralisme atau kebhinekaan,” terang Pakde Karwo di sela-sela melakukan kunjungan ke tiga gereja di Surabaya, Selasa (25/12).

Ketiga gereja yang dikunjungi, yaitu Gereja Santa Maria Tak Bercela/SMTB di Jl. Ngagel Madya No. 1, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria di Jl. Kepanjen No. 4-6, dan Gereja Bukit Zaitun di Jl. Taman Simpang No. 12. Kunjungan ke tiga gereja tersebut dilakukan Gubernur Jatim bersama Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, dan Komandan Lanud Surabaya Kolonel Pnb Budi Ramelan.

Pakde Karwo menjelaskan, sampai dengan saat ini suasana di Jatim aman, nyaman dan kondusif. Oleh sebab itu, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Jatim khususnya jema’at yang tengah melaksanakan Natal atas komitmennya menjaga keamanan di Jatim.

“Perasaan gembira sangat tampak terlihat pada wajah jemaat yang tengah merayakan Natal, ini menunjukkan bahwa keamanan dan kenyamanan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat,” ujar Pakde Karwomelalui siaran pers HUmas Setdaprov Jatim.

Ditambahkan, keamanan dan kenyamanan ini juga diberikan oleh pemerintah bersama Polri dan TNI bagi masyarakat Jatim yang mengalami musibah/bencana. Seperti yang terjadi di Jember, Pakde Karwo menjelaskan, penanganan menjadi tanggung jawab pemprov, pemkab setempat, TNI, Polri, dan masyarakat. “Kami bergotong royong bersama masyarakat untuk menyelesaikan bencana di Jatim,” imbuhnya.

Kapolda Jatim,Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, pengamanan dilakukan pada semua gereja yang berada di Jatim. Khusus di wilayah Kota Surabaya sejak tadi malam sampai dengan hari ini sudah ada 10 gereja yang dikunjungi. “Kami bersama Forpimda Jatim telah melakukan kunjungan ke beberapa gereja dan menyampaikan ucapan selamat secara langsung pada smeua Jemaat yang hadir,” ujar kapolda.

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman menegaskan, tugas TNI akan membantu Polda Jatim dalam mengamankan pelaksanaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Pihaknya memastikan bahwa semua anggota telah berada di gereja-gereja di seluruh Jatim untuk ikut menjaga sekaligus menciptakan suasana yang aman, nyaman, tertib, dan kondusif. (put)

Web Statistic