GUS IPUL : WUJUDKAN DAERAH LAYAK ANAK DENGAN SUASANA AMAN DAN NYAMAN

03 September 2015 | Berita & Pengumuman
GUS IPUL : WUJUDKAN DAERAH LAYAK ANAK DENGAN SUASANA AMAN DAN NYAMAN

Wakil Gubernur Jawa Timur, H Saifullah Yusuf mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat mewujudkan daerah layak anak dengan menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi anak. Ini penting, karena adanya kasus pelecehan seksual, peredaran narkoba, dan pornografi sudah sangat meresahkan anak. Untuk mencegahnya, maka perlu diciptakan suasana aman dan nyaman.

hari-anak

“Yang terpenting adalah anak-anak merasa aman dan nyaman dimanapun mereka berada. Di rumah dan sekolah aman, di lingkungannya nyaman. Kalau daerah ingin dikatakan layak anak, maka daerah itu harus aman dan nyaman bagi anak-anak,” ujar Gus Ipul saat Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2015 Provinsi Jawa Timur di Wisata Bahari Lamongan (WBL), Selasa (1/9).

Melalui siaran pers Humas Setdaprov, Gus Ipul mengatakan, Jatim telah menjadi provinsi layak anak baik kondisi fisik maupun non fisiknya, meliputi aspek-aspek kehidupan yang memenuhi unsur-unsur yang diatur dalam konvensi hak anak dan/atau Undang-Undang Perlindungan anak.

Tidak hanya di provinsi, di kabupaten/kota pun juga telah menerapkan kabupaten/kota layak anak (KLA) yang memiliki sistem pembangunan satu wilayah administrasi yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam pemenuhan hak anak.

“Anak-anak di Jatim mendapatkan tempat yang aman, nyaman, dan kondusif untuk tumbuh dan berkembang. Karena, anak-anak merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan,” kata Gus Ipul.

Yang dilakukan selanjutnya untuk mewujudkan daerah layak anak, yakni pemerintah dan keluarga harus mampu memberikan anak-anak air bersih dan air minum, sanitasi yang baik, kebebasan bermain dengan temannya, serta lingkungan yang bebas dari polusi. Selain itu, anak-anak memiliki hak untuk hidup dalam kehidupan sosial dan kebudayaan yang ada di sekitar.

Dalam Peringatan HAN Tahun 2015 Provinsi Jawa Timur yang bertema “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak”, juga dibagikan sebanyak 300 bantuan paket peralatan sekolah dari Badan Amil Zakat (BAZ) Jatim dan 2.000 paket souvenir dari Pondok Kasih Surabaya. Acara semakin meriah dengan kehadiran Ria Enez, Suzan dan Taufik “Monyong” yang menghibur para undangan.

Sebelumnya dalam rangkaian HAN 2015, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Provinsi Jatim juga telah menyelenggarakan pertemuan forum anak provinsi yang dihadiri sebanyak 115 anak dari 38 kabupaten/kota pada 28-29 Maret 2015, mengirimkan peserta kongres anak nasional ke-13 di Batu sebanyak 10 anak pada 4-8 Agustus 2015, serta mengirimkan peserta pada forum anak nasional sebanyak 19 anak di Istana Bogor. (put)

Web Statistic