Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Mayjen TNI (Purn) Widodo Iryansyah dan Jajaran Forkopimda Jatim. Foto : Dispen Koarmada II untuk Kominfo Jatim

09 November 2020 | Berita & Pengumuman
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Mayjen TNI (Purn) Widodo Iryansyah dan Jajaran Forkopimda Jatim. Foto : Dispen Koarmada II untuk Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Sebanyak 75 alunan rebana dan mengiringi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang memimpin Shalawat Dziba' dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim, Mahasiswa dan Santri, di Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis malam (5/11/2020).

Total 75 penabuh rebana tampil memukau sebagai simbol HUT ke-75 Jatim. Mereka merupakan grup hadrah dari Kodam V/Brawijaya, Polda Jatim, Hadrah Assalam Koarmada II, Mahasiswa Unesa, Mahasiswa Unusa dan pelajar SMA.

Rancak suara rebana bersama mengiringi bacaan shalawat yang dibacakan oleh Gubernur Khofifah.

Selain Khofifah, acara silaturahmi dihadiri oleh Wagub Emil Dardak, Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran, Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Pangkoarmada II Laksda TNI Sudihartawan dan jajaran pejabat utama. Acara ini juga digelar secara virtual dan diikuti bupati walikota serta Forkopimda se-Jatim.

Sementara para ulama yang hadir adalah pengasuh pondok pesantren se-Jatim, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta KH Nasaruddin Umar, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dan Ketua PW Muhammadiyah Jatim KH Saad Ibrahim.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran menyampaikan pentingnya meneladani Nabi Muhammad. Termasuk menghadapi situasi pandemi ini yang tentunya membutuhkan kesabaran ekstra.

"Sebagai manusia kita harus tetap tawakkal dan mencontoh sikap serta sifat Nabi Muhammad," terang Irjen Pol Fadil Imran.

Gotong royong antara ulama dan umarah juga merupakan bentuk meneladani Baginda Nabi. Bahu membahu dalam menyelesaikan pandemi agar hasilnya maksimal. Sama saat Rasulullah melakukan syiar.

"Maka, marilah kita memperkuat ukuwah Islamiyyah," imbaunya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Nasaruddin Umar secara virtual mengungkapkan rasa syukur karena Jatim bisa memperingati Maulid Nabi dengan sangat khidmat dimana yang terlibat adalah tokoh pejabat teras pemimpin daerah.

"Rasanya sulit menemukan momen seperti ini, lantunan shalawat yang indah dari Gubernur Khofifah tentu berkah akan selalu mengiringi kita," ungkap KH Nazaruddin tentang peringatan Maulid Nabi Muhammad di Masjid Al Akbar Surabaya. (mad)

Web Statistic