Bina Marga Jatim Gelar Bimtek Manajemen Proyek Penyelenggaraan Jalan

11 June 2021 | Berita & Pengumuman
Bina Marga Jatim Gelar Bimtek Manajemen Proyek Penyelenggaraan Jalan

Jatim Newsroom -Guna meningkatkan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terkait penyelenggaraan jalan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur, menggelar Bimbingan Teknik Manajemen Proyek di Lingkup instansi Tahun 2021, bertempat di kantor DEPO Peralatan Candi Sidoarjo, Selasa (8/6/2021).

Sekretaris DPU Bina Marga, Ir. Moch. Amirulloh, M.T dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/6/2021) mengatakan, bimtek ini bertujuan agar penyelenggaraan kegiatan pembangunan dan pemeliharaan jalan dapat terlaksana dengan tepat mutu, waktu dan biaya sesuai ketentuan teknis maupun administrasi, dan memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku.

Dijelaskannya, materi yang disajikan dalam bimtek ini sangat komplit, mulai dari K-3, administrasi kontrak, hukum kontrak, pengendalian pelaksanaan, mutu bahan dan mutu pekerjaan, data pendukung sampai dengan pembayaran, serta pemeliharaan jalan dan jembatan.

Semua pengetahuan tersebut harus dipahami oleh PPK dan PPTK termasuk calon PPK dan calon PPTK, sehingga dapat diterapkan di lapangan tanpa keraguan. Jadi saya minta semua peserta benar-benar mengikuti dan memperhatikan secara seksama materi tersebut, sehingga ada persamaan persepsi yang sejelas-jelasnya," jelasnya.

Selain sebagai ajang dialog interaktif dan pemaparan materi, imbuh Amir, bimtek ini juga menjadi ajang sharing pengalaman dari para narasumber. Dimana mereka sudah berpengalaman menghadapi dan menyelesaikan berbagai problematika terkait manajemen proyek di lapangan, dan berhasil mewujudkan proyek yang lebih efektif dan efisien.

“Inti Manajemen Proyek adalah pengendalian mutu, waktu dan biaya, namun hal lain yang tidak kalah penting dalam penyelenggaraan kegiatan proyek adalah tidak akan terjadi kesalahan bayar dan tidak terjadi kerusakan dini agar tidak ada temuan oleh auditor maupun LSM yang semakin hari semakin marak," tegasnya.

Mengingat pentingnya bimtek ini, Amir memastikan bahwa bimtek semacam ini akan terus digelar guna meningkatkan kompetensi SDM, sehingga akan memberikan kontribusi besar dalam mewujudkan suksesnya penanganan jalan, mulai dari pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan pekerjaan jalan dan Pemeliharaan.

Adapun bimtek ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti peserta wajib mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk ruangan. Bimtek ini sendiri digelar selama tiga hari. (Pca)

Web Statistic