Bangun Sumber Daya Manusia, Pemprov Berikan Beasiswa S1 Kairo bagi Penghafal Quran

12 January 2020 | Berita & Pengumuman
Bangun Sumber Daya Manusia, Pemprov Berikan Beasiswa S1 Kairo bagi Penghafal Quran

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun ini menyiapkan beasiswa S1 di Kairo bagi penghafal Al-Quran di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Biro Kessos Setdaprov Jatim, Hudiono pada acara Festival Qur’an Tingkat Provinsi Jawa Timur di GOR Merdeka Jombang, Minggu (12/1) menyampaikan penghargaan atas inisiasi digelarnya Festival Qurani guna membangun Jawa Timur lebih berkah, sejahtera, dan bermanfaat dalam lindungan Alloh SWT.

Dikatakannya, dana APBD Jatim sebesar 36 persennya telah dialokasikan untuk pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan gratis yakni biaya pendidikan SMA, SMK dan MA negeri.

“Konsep pembangunan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur awalnya adalah pembangunan sumber daya manusia secara Islami. Karena itu, tahun ini Pemprov Jatim memberikan bea siswa S1 di Kairo bagi penghafal Al-Quran.

Pendiri Pesantren Tahfidzul Quran Cinta Rasulullah, H Achmad Rifai mengatakan, Festival Qurani digelar sebagai bukti umat Islam dan santri mencintai Alloh. Orang yang cinta Alloh adalah orang yang selalu menjaga dirinya untuk dicintai Alloh dan melakukan kegiatan yang senantiasa diridloi Alloh.

“Jadi, festival ini digelar dalam rangka santri melaksanakan kegiatan dan ikhtiar yang senantiasa menjaga agar selalu dicintai Alloh dan Rasulullah. Semoga festival membawa keberkahan bersama dan menjadi cara untuk mendekatkan diri kepada Alloh,” ujarnya.

Seperti diketahui, tujuan dari festival Qurani adalah membangun semangat menghafal Quran dan meningkatkan silaturahmi kaum santri. Ada tiga tahapan festival, yakni tahap audisi, tahap penyisihan, dan tahap babak final. Festival mengambil tema meningkatkan syiar Quran demi terwujudnya generasi berakhlak mulia.

Peserta yang ikut total 1.730 santri untuk tiga kategori yakni kelompok 10 juz putra dan putri, kelompok 20 juz putra putri, serta 30 juz putra putri. Pemenang juara 1 sampai 3 serta juara harapan 1 sampai 3 berhak atas tiket umroh dan uang pembinaan. Selain itu, selama proses audisi, sebanyak 1.700 akan memperoleh Al-Quran gratis. (Put)

Web Statistic