Bahas Dana Pilgub 2018, Komisi A Kumpulkan KPU Se-Jatim

19 February 2016 | Berita & Pengumuman

Jatim Newsroom - Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur akan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim dan  KPU kab/Kota, serta pihak Kejati, Polda untuk membahas dana Anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 pada awal Maret 2016.

Ketua Komisi A DPRD Jatim, Freddy Poernomo di DPRD Jatim, Jumat (19/2) mengatakan, jika pelaksanaan Pilgub Jatim kurang dua tahun tepatnya pada 2018. Namun hingga kini belum masuk secara detail anggaran yang dibutuhkan. Meski awalnya KPU Jatim pernah mengisyaratkan adanya plot anggaran Rp 1,2 miliar, Namun ketika ditanya soal rinciannya KPU Jatim hingga kini belum mengirim angka detailnya. Atas dasar itulah perlu dilakukan koordinasi. Apalagi Jatim dalam APBD 2016 sudah menyiapkan dana untuk pilgub sekitar Rp 400 miliar.

"Berdasarkan dari itulah, kita menggagas dilakukan rakor antara Komisi A DPRD Jatim, kab/kota termasuk dari pihak kejaksaan juga didatangkan. Hal ini sebagai bentuk kita minta masukan, apakah kebijakan sharing dengan kab/kota terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak dan Pilgub 2018," papar Freddy.

Hal senada diungkapkan Anggota Komisi A DPRD Jatim, Muzamil Syafii. Ia mengatakan, rakor dengan KPU penting untuk menemukan solusi terkait kebutuhan dana Pilgub Jatim, selain membahas dana sharing dengan kab/kota. Sementara DPRD Jatim sudah menyiapkan dana Pilgub dengan sistem multi years sebesar Rp 400 miliar. "Yang pasti dalam rakor tersebut segera didapatkan besaran anggaran Pilgub Jatim," tegasnya. (pca)

Web Statistic